Rabu, 23 Mei 2012

SOFTWARE JADWAL aSc Timetables 2012 + keygen

"

Menyusun jadwal pelajaran adalah salah satu kegiatan dalam manajemen kurikulum di sekolah pada proses pengorganisasian (organizing). Pekerjaan tersebut umumnya dilakukan oleh petugas khusus penyusun jadual (di Sekolah Dasar), Seksi Kurikulum (di SMP), atau wakil kepala sekolah bidang kurikulum (di SMA/SMK/MA). Jadual pelajaran berfungsi sebagai pedoman mengajar bagi guru dan pedoman belajar bagi siswa. Di dalam jadual pelajaran menjabarkan seluruh program pengajaran di sekolah, karena dengan melihat jadual pelajaran akan diketahui:

(1) mata pelajaran apa yang akan diajarkan,
(2) kapan pelajaran itu diajarkan,
(3) di mana (ruang) pelajaran diajarkan, dan
(4) siapa (guru) yang mengajar pada suatu kelas tertentu selama satu minggu. 
Jadual pelajaran dibedakan menjadi dua macam yaitu jadual pelajaran umum dan jadual pelajaran khusus. Jadual pelajaran umum memuat pengaturan pemberian mata pelajaran pada seluruh kelas dan menunjukkan pembagian waktu mengajar bagi seluruh guru di sekolah itu. Sedangkan jadual pelajaran khusus adalah kegiatan pemberian mata pelajaran yang hanya berlaku bagi suatu kelas tertentu/sekelompok siswa tertentu pada hari-hari tertentu . 
Mengingat menyusun jadual pelajaran harus dibutuhkan ketelitian,ketelatenan, serta dihasilkan jadual yang memperlancar proses pembelajaran untuk mempercepat ketercapaian tujuan pembelajaran, maka harus diperlukan beberapa tip and trick tertentu. Tip and trick penyusunan jadual pelajaran adalah penyusun jadual pelajaran harus: 

1) memperhatikan persyaratan tertentu dalam penyusunan jadual pelajaran,
2) memahami langkah-langkah penyusunan jadual, serta 
3) memilih alat bantu atau perangkat lunak/software yang tepat.
Bertitik tolak dari permasalahan di atas maka dirasa perlu kita menggunakan suatu program penyusunan jadwal yag bisa dibuat secara mudah, kiranya aSc TimeTable cocok untuk hal ini.
aSc TimeTables adalah program penyusun jadwal yang memang sudah dirancang untuk dapat menyusun jadwal secara otomatis berdasarkan data-data yang telah diinput. Meskipun demikian, software ini tidak membatasi anda apabila anda ingin melakukan penyusunan jadwal secara manual.
Apabila semua data awal telah anda input, sekarang anda dapat melakukan proses penyusunan jadwal (generate).
• Dari Wizard langkah 6, setelah semua data kontrak mengajar telah diinput, klik tombol Next pada bagian bawah, anda akan menuju ke Wizard langkah 7;
• Pada langkah 7, klik tombol Generate timetable, sehingga muncul kotak dialog Timetable generation;
• Sebelum anda mulai proses generate, lakukan tes terhadap data yang telah diinput sebelumnya dengan klik pada tombol Tes data jadwal;
• Jika data anda dinyatakan valid oleh TimeTables, maka akan muncul pesan Tes data sukses, klik OK, kemudian OK lagi;
• Selanjutnya klik tombol Start timetable generation untuk mulai proses penyusunan secara otomatis. Lama proses generate jadwal tergantung pada tingkat kesulitan dan banyaknya data;
• Jika berhasil, maka akan muncul kotak dialog Success-Generation completed.
Sampai di sini anda telah bisa membuat jadwal mulai dari memasukkan data awal sampai proses penyusunan jadwal secara otomatis. Masih ada beberapa pengaturan yang mungkin diperlukan pada proses pembuatan jadwal, khususnya untuk beberapa mata pelajaran tertentu. Materi mengenai itu akan saya tuliskan pada artikel sebagai berikut:

Tutorial aSc TimeTable versi 2012 Bagian : 1
(Membuat Jadwal dengan Wizard)

 
Pada program pembuat jadwal, aSc TimeTables, terdapat wizard (panduan) yang dapat anda gunakan. Wizard tersebut akan memandu anda dalam pembuatan jadwal pelajaran mulai dari awal sampai anda bisa mencetaknya. Untuk masuk ke wizard, dari tampilan awal TimeTables, pilih menu Create new timetable. Setelah muncul kotak dialog baru, klik Next, anda akan diminta mengisikan nama sekolah dan tahun pelajaran.
Beberapa point yang perlu diisi di antaranya:
• Jumlah max jam/hari –> diisi dengan jumlah jam pelajaran per hari yang paling banyak di antara semua hari mengajar dalam 1 minggu;
• Number of days –> Jumlah hari dalam 1 minggu yang digunakan untuk kegiatan pembelajaran (untuk sekolah-sekolah di Indonesia biasanya menggunakan sistem 6 hari pembelajaran);
• Hilangkan tanda cek pada Work with zero periods jika anda tidak menggunakan jam ke-nol untuk pembelajaran;
• Weekend –> hari akhir pekan yang digunakan (biasanya Sabtu-Minggu, atau Kamis-Jumat untuk sekolah-sekolah seperti MTs atau MA)
Setelah anda selesai dengan langkah 1 dan 2 pada Wizard, klik Next untuk masuk pada langkah 3. Untuk langkah 3, akan saya lanjutkan pada Tutorial aSc TimeTables berikutnya.

Tutorial aSc TimeTable versi 2012 Bagian : 2
(Input Data Pelajaran, Ruang Kelas, dan Guru)



Pada Tutorial ini, saya akan mencoba memberikan beberapa panduan dasar tentang bagaimana menginput data awal untuk penyusunan jadwal. Data yang saya maksud di sini adalah Daftar Mata Pelajaran, Nama Ruang, Daftar Kelas, dan Daftar Guru.
Khusus untuk daftar mata pelajaran, daftar guru anda harus memberikan kode untuk masing-masing item. Akan lebih bagus lagi jika daftar ruang juga diberi kode untuk masing-masing ruang. Ruang yang saya maksud di sini adalah khusus ruang pembelajaran yang digunakan secara bergantian, misalnya seperti lab komputer, lab bahasa, atau ruang kesenian. Sedangkan untuk ruang kelas tidak perlu diinput ke program TimeTables, walaupun sebenarnya boleh-boleh saja kalau ingin diinput. Input data seluruh ruangan hanya perlu dilakukan apabila sebuah sekolah atau institusi pendidikan menggunakan sistem moving class, karena setiap ruangan bisa digunakan oleh kelas manapun, mata pelajaran apapun, dan guru siapapun. Kasus seperti itu terjadi hampir di setiap perguruan tinggi.
OK, kembali ke laptop… eh maksudnya kembali ke tutorial 2. Setelah anda klik next dari wizard pada langkah 2 sebelumnya, maka akan muncul wizard langkah 3. Jika anda perhatikan pada wizard ini, ada 4 tombol tab di bagian kiri, yaitu tab data pelajaran, tab data kelas, tab data ruang, dan tab data guru.
• Tab yang aktif saat ini adalah tab data pelajaran;
• Untuk memasukkan data nama mata pelajaran, klik tombol “Baru” yang ada di sebelah kanan, masukkan nama mata pelajaran dan kodenya, kemudian klik OK;
• Begitu seterusnya sampai semua mata pelajaran anda input ke program.
Setelah semua mata pelajaran anda entri, klik pada Tab Kelas, sehingga akan muncul tampilan untuk input data kelas. Cara memasukkan data kelas analog dengan langkah di atas, anda tinggal memasukkan nama dan kode kelas (khusus untuk kelas anggap saja sama dengan nama kelas. Begitu juga untuk data ruang dan data nama guru.
Khusus untuk data guru, ketika anda menambahkan nama dan kode, akan ada tanda cek untuk menentukan jenis kelamin. Berikan tanda cek pada Check Box Pria atau hilangkan tanda ceknya sesuai dengan jenis kelamin dari guru yang bersangkutan. Ketika anda klik OK, maka akan muncul window baru untuk memasukkan kontrak mengajar guru tersebut, namun anda klik Tutup dulu saja dan masukkan data guru yang lain.
Nah, sampai di sini kita sudah memasukkan semua data awal untuk proses penyusunan jadwal, langkah selanjutnya akan diposting pada artikel berikutnya.


Tutorial aSc TimeTable versi 2012 Bagian : 3
(Memasukkan Data Kontrak Mengajar Untuk Masing-masing Guru)


Bagian: A

Pada langkah sebelumnya anda telah memasukkan daftar mata pelajaran, kelas, ruang, dan guru. Kali ini saya akan menjelaskan dasar-dasar untuk memasukkan (input) data kontrak mengajar untuk masing-masing guru mata pelajaran.
Caranya cukup mudah, dari Wizard langkah 6 (Tab Guru) tentu saja sudah ada daftar nama seluruh guru yang diinput sebelumnya.
• Klik pada nama salah satu guru yang akan diinput data kontrak mengajarnya;
• Selanjutnya klik tombol Pelajaran di deretan tombol bagian kanan, maka akan muncul kotak dialog Kontrak;
• Untuk memasukkan satu per satu, anda klik Pelajaran Baru, sehingga akan muncul kotak dialog baru lagi. Di situ anda tinggal menentukan nama mata pelajaran dan kelasnya;
• Pada Combo Box yang berisi pilihan Single, Dobel, Tripel merupakan durasi dari mata pelajaran, sedangkan field di sebelah kirinya menunjukkan banyaknya pertemuan dalam 1 minggu;
• pada bagian bawah, terdapat tombol Gunakan Klasrum. Jika pelajaran yang anda input tersebut akan menggunakan ruang khusus (misalnya ruang lab), maka hilangkan tanda cek pada Home klasrum dan anda dapat memilih ruangan dengan klik Gunakan Klasrum. Pada daftar ruangan, klik nama ruangan yang akan digunakan untuk pelajaran tersebut, sehingga akan muncul di kolom sebelah kanannya. Jika sudah, klik OK dan kontrak mengajar yang baru saja diinput akan muncul dalam daftar kontrak guru tersebut.
Cara memasukkan data kontrak mengajar guru untuk beberapa mata pelajaran (pertemuan) sekaligus akan saya paparkan pada tutorial berikutnya.



Bagian: B

Pada tutorial aSc TimeTables kali ini, akan saya jelaskan bagaimana cara memasukkan (input) kontrak mengajar guru untuk beberapa mata pelajaran sekaligus.
• Langkah awal hampir sama dengan sebelumnya, anda harus masuk dulu ke kotak dialog kontrak dengan klik pada salah satu nama guru kemudian klik tombol Kontrak;
• Selanjutnya klik Add more, sehingga akan muncul kotak dialog Add more lessons;
• Pada kotak dialog tersebut, tentukan dulu berapa jumlah pelajaran (lesson) yang akan anda input, banyaknya baris isian di bawahnya akan menyesuaikan dengan sendirinya;
• Masukkan data kontrak dengan memilih kelas dan mata pelajaran sesuai dengan guru yang bersangkutan;
• Untuk menentukan ruangan, anda dapat memilih pada kolom ke-7 (kolom dengan icon/logo Home Klasrum) dengan cara memberi atau menghilangkan tanda cek;
• Jika pelajaran tersebut menggunakan ruang khusus (misalnya lab), maka hilangkan tanda cek pada icon Home Klasrum, dan anda dapat memilih ruang dengan klik tombol pada kolom Other;
• Klik tombol Tambahkan pada bagian bawah, maka daftar kontrak mengajar guru yang baru saja anda masukkan akan muncul pada kotak dialog Kontrak.
Anda hanya tinggal melakukan langkah yang sama untuk memasukkan kontrak mengajar untuk guru-guru yang lain. Setelah selesai, maka pada window yang berisi daftar guru akan nampak jumlah jam mengajar guru pada kolom jumlah.
Catatan: Software aSc TimeTables yang digunakan adalah versi 2010 dengan Setting Language Bahasa Indonesia.


Tutorial aSc TimeTable versi 2012 Bagian : 4
(Waktu Kosong Untuk Mata Pelajaran)


Ketika anda membaca judul tulisan ini, barangkali anda bertanya-tanya apa maksud waktu kosong untuk mata pelajaran. Atau anda justru sudah mengerti maksudnya, yaitu pembatasan jam untuk mata pelajaran, tentu saja tidak untuk semua mata pelajaran. Kita tentu tahu dan paham bahwa beberapa pelajaran tidak bisa diletakkan pada sembarang jam, khususnya pelajaran olahraga (Penjaskes). Mata Pelajaran Penjaskes tentu hanya pas jika diletakkan pada jam-jam pagi (biasanya tidak lebih dari jam ke-4).
Begitu juga dengan mata pelajaran lain yang karena alasan tertentu, ada waktu-waktu di mana pelajaran tersebut tidak bisa ditempatkan. Saya contohkan mata pelajaran matematika misalnya. Pelajaran matematika akan lebih baik jika ditempatkan pada jam-jam sebelum istirahat siang, karena matematika termasuk pelajaran yang bagi kebanyakan siswa lebih membutuhkan energi dan pikiran yang masih fresh, sehingga waktu di pagi hari sangatlah tepat.
Berikut langkah-langkah untuk setting waktu kosong dari mata pelajaran.
1. Masuk ke window yang memuat daftar mata pelajaran dengan cara klik menu Main, pilih toolbar Pelajaran;
2. Klik salah satu mata pelajaran yang akan diberi pembatasan jam, kemudian klik tombol Waktu kosong, sehingga akan muncul kotak dialog waktu kosong untuk mata pelajaran tersebut;
3. Klik pada jam-jam di mana pelajaran tersebut tidak akan ditempatkan, klik sampai tanda berubah menjadi tanda silang merah;
4. Klik OK, demikian seterusnya untuk mata pelajaran lain yang ingin anda setting.

Download and Instal aSc TimeTable

 
Sebagai contoh, untuk mata pelajaran olahraga, jam-jam pelajaran di atas jam ke-4 seharusnya bertanda silang warna merah, dan jam-jam yang lain bertanda centang warna hijau.
Untuk mendapatkan software aScTimeTables yang terbaru, Anda cukup MENDOWNLOAD DI BAGIAN BAWAH INI. Setelah anda mendownload, kemudian silahkan instal di komputer anda, dan akan muncul halaman pertama dan Anda dapat memilih nama Negara yang Anda inginkan.Langkah selanjutnya adalah proses instalasi, tentu saja proses download file master aSc TimeTables harus sudah selesai. Pada saat Anda jalankan akan muncul kotak dialog untuk memilih negara/bahasa, caranya Anda klik pada salah satu bendera negara, kemudian klik OK. Ikuti seluruh petunjuk instalasi sampai selesai.
Setelah proses instalasi selesai, klik Finish untuk mulai menjalankan software TimeTables yang telah terinstal. Anda juga bisa menjalankan software aSc TimeTables dari icon yang ada pada dekstop.


SILAHKAN DOWNLOAD : aSc TimeTables Versi 2012
SILAHKAN DOWNLOAD : KEYGEN aScTimeTables All Version  

1 komentar:

  1. link downloadnya eror.... ada nggak link yang lain?

    BalasHapus